Mengingat kondisi Masjid Assalaam saat ini terasa sudah kurang memadai untuk menampung   jama’ah beribadah sholat Jum’at; juga untuk kebutuhan pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an Assalaam supaya lebih fokus dan semakin berkualitas  maka diputuskan Masjid Assalaam akan diperluas dengan menambah bangunan.  Sebagai langkah agar pemuda-pemudi muslim  lebih tertarik datang ke masjid sebagai upaya meningkatkan kualitas rohani agar  menjadi remaja yang shaleh, sehat jasmani dan rohaninya, dalam perluasan Masjid Assalaam dibangun ruang serbaguna terbuka yang dapat digunakan untuk kegiatan olahraga (Badminton, Tenis Meja, Beladiri) dan latihan kesenian.

Untuk selanjutnya berdasarkan SK pengangkatan oleh pengurus Yayasan  Masjid  Assalaam Nomor : 002/Y.M.As./SK/XII/2015 tertanggal 12 Desember 2015 diangkat Tim Pembangunan Perluasan Masjid Assalaam (Panitia PPMA) sebagai berikut:

1.    Pembina (Ketua Umum Yayasan) : H.Hadi Rachmansjah Pane
2.    Penasihat : 1.    H.Bambang Subandio.

2.    H.Seno Wintarto.

3.    Ketua : H.R.Danang Triratmoko.
4.    Wakil Ketua : H.Amir Syafril DJ.
5.    Sekretaris : Hidayat Abrar
6.    Bendahara : H.Sumarno.
7.    Pembukuan : H.Herry Priyatna.
8.    Perencana : H.Ir.Hikmat Subarkah.
9.    Pelaksana : H.R.Danang Triratmoko.
10. Pengawas : 1.    H.Faisal Yani.

2.    H.Helmi M.Syahril.

 

Perluasan Masjid Assalaam totalnya mencapai sekitar 1300 m2 yaitu terdiri dari penambahan ruangan Masjid sekitar 500 m2 dan plaza/ruang terbuka sekitar 800 m2.

Ada 5 tahap rencana pelaksanaan Pembangunan Perluasan Masjid Assalaam, yang dapat kami uraikan disini sebagai berikut :

  1. Tahap Pertama, membangun area penunjang baru yaitu, kamar mandi dan tempat wudhu serta ruang sekretariat Yayasan/DKM dan
  2. Tahap kedua, membongkar kamar mandi dan tempat wudhu yang lama.
  3. Tahap ketiga, mengerjakan perkuatan struktur ex toilet lama dan mengerjakan tambahan perluasan bangunan kebelakang dan ruang terbuka.
  4. Tahap Keempat, membongkar ruang lama lantai atas ex ruang kelas dan finishing lantai atas keseluruhan termasuk bangunan tambahan untuk ruang sholat/ruang kelas TPQ, ruang sekretariat TPQ, dan ruang takmir Masjid Assalaam .
  5. Tahap Kelima, mengerjakan koridor keliling dan pekerjaan eksterior Masjid

Pembangunan perluasan Masjid Assalaam sesuai gambar desain terlampir memerlukan biaya pendanaan sejumlah Rp. 3.891.300.000,00 (Tiga Milyar Delapan Ratus Sembilan Puluh Satu Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah).

Kepada para Donatur yang dermawan yang ingin menyampaikan bantuan dana PPMA dapat diberikan melalui Rekening Giro Yayasan dibawah ini :

            Rekening Giro Bank Syariah Mandiri

            – KCP.Tangerang Bintaro 3.

            No.Rekening : 7102907331

            a/n Yayasan Masjid Assalaam, atau

 

            Rekening Giro Bank Rakyat

            Indonesia – KCU Bintaro

            No.Rekening  : 0393 010005 37307

            a/n Yayasan Masjid Assalam.

 

Berikut adalah gambar desain rencana pembangunan perluasan Masjid Assalaam 2016 :